Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Implementasikan Project Based Learning di ‘Bogor Culinary Adventure’ Expo  

15 Mei 2024

Mahasiswa Program Studi Manajemen Agribisnis angkatan 59 Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (SV-IPB) University sukses menggelar “Agribusiness Expo (AGRI EXPO)” bertema “Bogor Culinary Adventure” pada Rabu (15/5). Acara yang dirancang untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mempromosikan dan memasarkan produk kuliner ini, merupakan bagian dari implementasi Project Based Learning (PBL) dalam mata kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis. 

Berlangsung di Kampus Sekolah Vokasi IPB, AGRI EXPO menampilkan berbagai jenis kuliner, dari yang tradisional hingga modern. Diikuti oleh berbagai UMKM dari Kota Bogor, expo ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk lokal, tetapi juga untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam aspek pemasaran dan branding, serta pemanfaatan teknologi dalam pengembangan usaha. 

Pada acara pembukaan, Koordinator Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis, Dr. Yusalina M.Si mengungkapkan pentingnya kegiatan ini dalam konteks pembelajaran bagi mahasiswa. Lebih lanjut, Dr. Yusalina menekankan bahwa keterampilan ini adalah bagian integral dari pengembangan profesionalisme mahasiswa yang tidak hanya berguna dalam konteks akademik, tetapi juga sangat relevan dalam dunia kerja yang dinamis dan sering kali penuh tantangan.

“Sumber daya itu menjadi hal yang penting, dengan adanya kegiatan Expo dari mata kuliah ini, mahasiswa dapat belajar bagaimana berkomunikasi dan bernegosiasi, serta bagaimana menangani konflik,” ujar Dr. Yusalina.

Sementara itu, tim teaching dosen Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Dr. Doni Sahat Tua S.E., M.Si, turut memberikan pandangannya mengenai pentingnya expo ini bagi pengembangan kemampuan mahasiswa. “Kegiatan Expo ini merupakan bagian dari project mata kuliah yang dilaksanakan di SV-IPB, tentu hal ini juga akan mendukung pengembangan soft skill bagi mahasiswa khususnya dalam hal komunikasi, negosiasi, leadership dan bagaimana cara berkolaborasi dan menjalin kemitraan dengan UMKM yang ada di Kota Bogor,” ungkap Dr. Doni.

Acara diakhiri dengan serangkaian pengumuman, termasuk pemenang doorprize, maskot terbaik, dan stand terbaik. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dan bernegosiasi, sekaligus memperkuat hubungan antara SV-IPB University dan masyarakat pelaku UMKM.

Kegiatan Agribusiness Expo ini tidak hanya membuka peluang bagi UMKM untuk memperluas jaringan dan pasar mereka, tetapi juga memperkuat komitmen SV-IPB University dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui pendidikan yang aplikatif dan relevan dengan kebutuhan industri. (ASW).

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142