Lembaga Serifikasi Profesi Sekolah Vokasi IPB University Dorong Dosen Jadi Asesor Kompeten Melalui Pelatihan BNSP

10 Juni 2024

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sekolah Vokasi IPB University resmi membuka acara Pelatihan Asesor Kompetensi BNSP Tahun 2024 di Ruang Rapat Gedung Delta, Kampus SV Gunung Gede hari ini. Acara yang akan berlangsung hingga 15 Juni 2024 tersebut, diikuti oleh 24 peserta dari berbagai bidang. Pelatihan ini bertujuan memperkuat standar penilaian dalam sertifikasi kompetensi, mencakup sektor-sektor seperti akuntansi, teknologi informasi, pertanian, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Ir. Aceng Hidayat, M.T memberikan apresiasi kepada LSP dan master asesor yang telah menggelar acara ini. “Terima kasih kepada LSP yang terus berkomitmen menggelar acara ini. Atas nama intitusi saya juga berterima kasih kepada master asesor yang akan berbagi ilmu dan pengetahuannya dalam beberapa hari kedepan” Ujar Dr. Aceng.

Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Ir. Aceng Hidayat, M.T., menegaskan pentingnya pelatihan ini, “Dengan pelatihan ini, kami bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi dalam penilaian kompetensi. Asesor yang terlatih akan mampu menjalankan tugasnya dengan lebih baik, memastikan setiap sertifikat yang dikeluarkan benar-benar mencerminkan kemampuan dan pengetahuan individu.” Imbuh Dr. Aceng.

Sementara itu Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi Sekolah Vokasi IPB University, Uding Sastrawan, S.P., M.Si., menegaskan komitmen LSP dalam menjaga profesionalitas dan kualitas penilaian. “LSP Sekolah Vokasi memiliki 45 skema sertifikasi. Kami mendorong dosen untuk menjadi asesor yang profesional dan berkompeten. Komitmen kami adalah menjaga profesionalitas untuk menghasilkan sumber daya yang kompeten dan terampil,” ujar Uding Sastrawan.

Uding menambahkan komitmen LSP dalam menjaga profesionalitas dan kualitas penilaian. Ia menekankan pentingnya profesionalitas dalam setiap langkah penilaian untuk memastikan hasil yang maksimal. Komitmen kami adalah menjaga profesionalitas untuk menghasilkan sumber daya yang kompeten dan terampil. Dengan adanya pelatihan ini, LSP berharap dapat membekali para asesor dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan penilaian yang akurat dan objektif ” ujar Uding Sastrawan

Pelatihan dimulai setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, didampingi oleh master asesor BNSP yaitu Budiman Arief, Ratnawati, dan Diki. Materi pelatihan mencakup perencanaan dan pelaksanaan asesmen, kontribusi dalam validasi asesmen, serta penyusunan dokumen tugas asesmen.

    Adapun skema sertifikasi okupasi yang dilatihkan mencakup berbagai bidang seperti Teknisi Akuntansi Madya dan Ahli, Farm Manager Pembesaran, Video Editor, Public Relations Officer, Pemeriksaan dan Pengujian Laboratorium, Junior/Associate Data Scientist, Teknisi Utama Jaringan Komputer (Jenjang 5), Database Programmer, Fasilitator Pertanian Organik Tanaman, Assistant To The Executive Chef, Kualifikasi 6 Bidang Perunggasan, Asisten Manager Produksi Benih Tanaman, Pemandu Wisata, Pengawas Benih Tanaman Madya, Klaster Pengelolaan Pengujian Organoleptik, Klaster Penyusunan Dokumen Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), dan Procurement Supervisor.

    Dengan adanya pelatihan ini, IPB University menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas dan akurasi penilaian kompetensi melalui pelatihan yang komprehensif dan berkelanjutan. Diharapkan, para peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk memperkuat standar sertifikasi kompetensi di Indonesia.

    Video Profil

    Kategori

    Berita Terkini

    Alamat & Kontak

    KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

    KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

    Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
    • Image
    • SKU
    • Rating
    • Price
    • Stock
    • Availability
    • Add to cart
    • Description
    • Content
    • Weight
    • Dimensions
    • Additional information
    Click outside to hide the comparison bar
    Compare