Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Sekolah Vokasi IPB University Beri Pelatihan Augmented Reality di SMKN 1 Sukalarang

15 November 2024

Sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan keterampilan praktis di bidang desain grafis dan pengembangan perangkat lunak, sekaligus sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap masyarakat, mahasiswa Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TPL) Sekolah Vokasi IPB University mengadakan kegiatan transfer ilmu dan pelatihan kepada 15 siswa jurusan Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Sukalarang, Sukabumi. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, (15/11) ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih para siswa dalam menggunakan teknologi terkini, yaitu Augmented Reality (AR) serta aplikasi desain pendukung dan pengembangan perangkat lunak seperti Figma, Blender, dan Unity.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di SMKN 1 Sukalarang ini merupakan bagian dari program Pendampingan SMK Pusat Keunggulan tahun 2024. Dosen TPL Nur Aziezah, S.Si., M.Si yang membersemai kegiatan beserta tiga mahasiswa memaparkan konsep dasar serta aplikasi praktis dari AR dan perangkat lunak yang digunakan dalam industri kreatif dan pengembangan teknologi.

Nur Aziezah, S.Si., M.Si. selaku dosen prodi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak menyatakan bahwa pelatihan ini juga merupakan suatu bentuk pengabdian dan kontribusi nyata oleh mahasiswa program studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak ke Masyarakat.

“Ini bagian dari bagaimana Sekolah Vokasi IPB University terus berkontribusi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti pengenalan tentang AR ini” ujar Nur Aziezah.

Ia berharap semoga melalui pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan ilmu dan wawasan serta keterampilan praktis kepada siswa SMKN 1 Sukalarang serta meningkatkan minat mereka terhadap teknologi.

Rangkaian acara dimulai dengan penjelasan terkait Figma, aplikasi berbasis cloud untuk antarmuka (UI). Pandu Wicaksono sebagai pembicara yang membahas terkait aplikasi ini menjelaskan,  bahwa Figma merupakan aplikasi berbasis cloud storage yang  menawar kan fitur-fitur menarik seperti prototype dan collaboration yang memungkinkan penggunanya melakukan kolaborasi kerjasama tim ketika online secara real time. “fitur figma cukup sederhana yang ada pada aplikasi ini cocok bagi pemula yang ingin belajar dasar-dasar dalam AR” ujar Pandu.

Selanjutnya, para peserta diarahkan ke sesi praktik yang dimana mereka secara langsung mencoba mengoperasikan aplikasi ini. Para peserta dibimbing mulai dari awal tahapan registrasi email ke akun, hingga ke tahapan peserta berhasil memahami dasar tata letak, warna dan tipografi pada aplikasi ini.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan oleh Muhammad Fawwaz Naufal yang membahas mengenai Blender, aplikasi open-source untuk desain 3D. Siswa diperkenalkan dengan manfaat Blender dalam menciptakan animasi dan permodelan 3D. “Setelah memahami prinsip dasar yang ada pada desain antarmuka Figma, hal tersebut bisa dijadikan sebagai pondasi dan kerangka untuk memperluas kemampuan dengan meningkatkan pemahaman dengan mempelajari visualisasi 3D di Blender seperti kubus, bola, karakter” ujar Fawwaz.

Sesi terakhir diisi oleh Akhdan Ravi Andaman dengan pengenalan Unity, sebuah platform pengembangan aplikasi dan game yang memadukan elemen desain dari Figma dan Blender. Unity memungkinkan pengguna mengintegrasikan elemen visual 3D dari Blender serta antarmuka dari Figma ke dalam proyek interaktif. “Elemen-elemen dari Figma dan Blender tersebut diekspor ke Unity untuk dijadikan sebagai aset dalam pengembangan proyek desain, game dan aplikasi” ujar Akhdan.

“Unity adalah aplikasi yang lebih kompleks karena melibatkan scripting API atau juga dapat dikatakan sebagai aplikasi berbasis coding” jelas Akhdan.

Aplikasi yang kaya akan aset ini juga menawarkan fitur kolaborasi tim, ini memberikan kemudahan dan pengalaman desain yang menarik dengan platform kuat untuk pengalaman AR. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana aplikasi ini dapat digunakan dalam menciptakan dunia virtual yang imersif.

Dengan pengetahuan yang didapat, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia industri kreatif dan teknologi dan teknologi terkini dalam karier di masa depan. (VGP/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare