Mahasiswa Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University Ajak Lansia Berrekreasi sebagai Implementasi Mata Kuliah Rekreasi Anak, Lanjut Usia, dan Disabilitas

5 Juni 2024

Mahasiswa Program Studi Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University angkatan 59 berhasil mengimplementasikan proyek akhir Mata Kuliah Rekreasi Anak, Lanjut Usia, dan Disabilitas (RALUD) dengan menyelenggarakan kegiatan rekreasi bagi para lansia di beberapa panti werdha. Kegiatan ini melibatkan lansia dalam berbagai aktivitas rekreasi yang dirancang oleh kelompok praktikum dari kelas Bogor dan kelas Sukabumi.

Implementasi kegiatan ini dilakukan di tujuh panti werdha yang tersebar di Bogor dan Sukabumi. Kegiatan berlangsung di Panti Werda Taman Gracelil di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor pada 13 Mei 2024, Panti Jompo Kamilus di Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor pada 13 Mei 2024, Rumah Perawatan Usia Lanjut Krosten (RPUK) Muara Kasih di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor pada 15 Mei 2024, Panti Werdha Stella Maris di Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor pada 15 Mei 2024, Panti Kasih GKI Sukabumi di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi pada 7 Mei 2024, Panti Sosial Wreda Bale Nyaah Ka Kolot di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi pada 8 Mei 2024, dan Wisma Assisi di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi pada 9 Mei 2024.

Ketua Program Studi Ekowisata, Kania Sofiantina Rahayu, S.I.Kom., M.Par., MTHM, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan implementasi mata kuliah RALUD yang berjalan lancar. Kania menjelaskan bahwa setiap manusia, termasuk lansia, membutuhkan kegiatan rekreasi. “Secara umum, lansia berhak mendapatkan kesejahteraan dan pelayanan yang meliputi aspek sosial, kognitif, dan emosi dengan kategori umum rekreasi pada lansia yaitu rekreasi sosial, rekreasi di luar ruangan, serta rekreasi budaya,” jelasnya.

Kegiatan rekreasi yang dilakukan melibatkan permainan modifikasi dengan berbagai tujuan, antara lain meningkatkan interaksi antar lansia, mengurangi tingkat kepikunan, pencegahan demensia, dan meningkatkan psikomotorik. “Permainan modifikasi dirancang dan diimplementasikan dengan beberapa tujuan di antaranya meningkatkan interaksi antar lansia, mengurangi tingkat kepikunan, pencegahan demensia, dan meningkatkan psikomotorik,” tambah Kania.

Dengan kegiatan ini, mahasiswa Program Studi Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University tidak hanya mengaplikasikan teori yang telah dipelajari, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan lansia di masyarakat. (EKW/ASW).

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare