Sekolah Vokasi IPB Luncurkan 22 Website untuk UMKM Kota Bogor

Program Studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB meluncurkan 22 website untuk 74 UMKM Kota Bogor secara virtual melalui platform Zoom Meeting pada Minggu (18/7).  Peluncuran ini  dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor, Samson Purba, SE, MM; Kepala Bidang UMKM Kota Bogor, R. Medi Sandora, S.Pt, M.Sc, MSE; Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Ir. Arief Daryanto, M.Ec; Ketua Program Studi Manajemen Informatika, Sofiyanti Indriasari, S.Kom, M.Kom, Sekretaris Program Studi Manajemen Informatika yang sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan pembuatan website UMKM, Medhanita Dewi Renanti, S.Kom, M.Kom; Aditya Wicaksono, S.Kom, M.Kom, Asisten dosen, UMKM Kota Bogor, seta mahasiswa program studi Manajemen Informatika sebagai pengembang website UMKM Kota Bogor, yang berjumlah ratusan peserta.

Sofiyanti Indriasari menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang tetap berkarya menghasilkan website untuk UMKM Kota Bogor yang dapat dijadikan sebagai portofolio mahasiswa. “Di sisi lain kegiatan ini sebagai implementasi Project Based Learning yang menerapkan real project  untuk  diterapkan oleh masyarakat”, imbuhnya.

Dalam sambutannya, Dr Arief Daryanto menyampaikan bahwa saat ini masyarakat lebih aktif melakukan belanja online. Oleh karena itu perlu didukung oleh media digital yang dapat memasarkan produk/jasa secara luas. “Portal UMKM ini diharapkan tumbuh berkembang dan bemanfaat bagi pelaku UMKM. Website yang menarik tentunya didukung oleh desain yang bagus, harus responsif termasuk pengelolanya, respon cepat UMKM dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, user friendly, memberikan manfat, pengelolaan yang baik termasuk penerapan SEO, server tidak sering down, serta loading web yang baik. Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang powerful yang juga memberikan kesempatan berharga kepada mahasiswa menjadi programmer dan desainer handal”, katanya.

Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor serta UMKM Kota Bogor memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sekolah Vokasi IPB, khususnya Program Studi Manajemen Informatika yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk bersama-sama  meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya Kota Bogor. Penanggung Jawab kegiatan, Medhanita Dewi Renanti, S.Kom, M.Kom menyampaikan bahwa pembuatan website ini sebagai salah satu komponen penerapan digital marketing yang dapat membantu UMKM memasakan produk/jasa, selain komponen lainnya seperti branding, social media, content marketing, email marketing, video production, SEO, app development, dan SEM. Saat ini telah berhasil dibuat 22 website yang digabungkan menjadi satu portal UMKM di url http://klik.sv.ipb.ac.id/umkm/.

Kategori produk yang dipasarkan yang paling banyak adalah kuliner, craft, fashion serta jasa yang dimiliki UMKM Kota Bogor. Menurutnya kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan untuk mencapai IKU mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, produk dosen/mahasiswa yang berhasil diterapkan oleh masyarakat, peningkatan kerjasama dengan mitra, serta peningkatan jumlah mata kuliah yang menggunakan pembelajaran kelompok berbasis project  sebagai bagian dari bobot evaluasi. “Kegiatan ini masih terus berlanjut untuk mendukung program pemerintah gerakan nasional literasi digital terutama cakap digital, diantaranya pelatihan untuk UMKM Kota Bogor. Harapannya UMKM bisa naik kelas, berkembang dengan cepat, dan produk lokal bisa dipasarkan secara internasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” Ujar Medhanita, penanggung jawab kegiatan ini. (Med/WB)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142