Sekolah Vokasi IPB Menjadi PTV Terbaik pada Program Fasilitasi Modul Pembelajaran Daring Ditjen Pendidikan Vokasi KEMENDIKBUDRISTEK Tahun 2021

Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Ir. Arief Daryanto, M.Ec menerima penghargaan dari Ditjen Diksi Kemendikbudristek RI, yang disampaikan oleh Dr. Beny Bandanajaya, MT

Sekolah Vokasi IPB University menorehkan prestasi menjadi Pendidikan Tinggi Vokasi Terbaik pada Program Fasilitasi Modul Pembelajaran Daring yang diselenggarakan Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021. Penyerahan penghargaan ini dilakukan dalam acara Peluncuran Panduan Implementasi Kurikulum MBKM dan Apresiasi Modul Pembelajaran Daring di Hotel Harris Bekasi, Senin (13/12). Penghragaan diserahkan langsung oleh Direktur Bidang Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T.

“Pengembangan Modul Pembelajaran Daring diikuti oleh 22 Pendidikan Tinggi Vokasi dengan 131 modul yang didanai oleh Ditjen Pendidikan Tinggi Vokasi. Program ini merupakan inisiasi sebagai standar atau contoh modul pembelajaran daring untuk terus dikembangkan dan dijalankan oleh Pendikan tinggi Vokasi di seluruh Indonesia.” Ujar Beny

Dalam sambutannya, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI, Wikan Sakarinto, PhD menyampaikan bahwa Link and match 8+i. MBKM yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan hadir untuk menjawab tantangan untuk terus beradaptasi dan relevan dengan perubahan yang terjadi serta berdayasaing dan bermutu. “Link and match dan manfaat kebijakan MBKM bagi Mahasiswa tentunya diperolehnya kesempatan yang lebih luas untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya selama menjalankan Pendidikan di PS Sarjana Terapan. Sementara bagi lulusan, diharapkan diperolehnya keterampilan kerja khusus dan keterampilan lunak yang relevan untuk memasuki masyarakat informasi dan industry 4.0.” Pungkasnya

Terdapat 9 nominasi pengusul program terbaik, dan terpilih 3 nominator terbaik dari tim pengembang modul yang ada diantaranya Sekolah Vokasi IPB, Politeknik Negeri Media Kreatif, dan Politeknik Negeri Jakarta. Dari 3 nominator terpilih, Sekolah Vokasi IPB menjadi yang terbaik.

“Prestasi yang diraih ini menunjukan  bahwa SV-IPB termasuk yang terdepan, memiliki potensi dalam menciptakan modul pembelajaran daring dengan Teknologi terkini, yaitu dengan AR dan VR. Ini merupakan jembataan antara dunia real dengan yang dikembangkan oleh Tim. Selain itu, pengembangan modul daring ini cocok untuk generasi Z.” Ujar Dr. Arief Daryanto, MEc, Dekan Sekolah Vokasi IPB.

Beberapa modul yang dikembangkan oleh Tim dari Sekolah Vokasi IPB diantaranya Computer Assembly: Power Supply; Coffee Roasting; Overview Pembuatan Augmented Reality (Produk Klien); Fisiologi Laktasi sapi perah; Computing Components: Motherboard; Modeling Ekosistem Perairan (Akuatik) menggunakan Augmented Reality; Pembuatan Prototipe Sistem Informasi menggunakan Figma, Matriks dengan Scilab, Visualisasi Data menggunakan Tableau.

Rasa bangga dan bersyukur disampaikan oleh Walidatush Sholihah MKom selaku Ketua Tim Hibah Fasilitasi Modul Pembelajaran Daring SV IPB University Tahun 2021. “Bangga atas pencapaian yang diperoleh karena memiliki tim yang kompeten dan kolaborasi yang solid, serta bersyukur karena hasil kerja yang dilakukan dapat bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih sebesar-besarnya disampaikan kepada Dekan SV Bapak Arief Darjanto dan para anggota tim modul pembelajaran daring SV IPB University Sofiyanti Indriasari, Faldiena Marcelita, Inna Novianty, Amata Fami, Medhanita Dewi, Gema Parasti, Ima Kusumanti, M. Iqbal Nurulhaq, Yuni Resti yang telah membantu dalam keseluruhan proses sehingga bisa bersama-sama mencapai hasil terbaik. Tahun ini, tim membuat 9 modul pembelajaran daring berupa 2 aplikasi virtual reality, 4 aplikasi augmented reality dan 3 tutorial aplikasi. Tim berasal dari dari 5 prodi di SV IPB yaitu TEK, INF, IKN, PPP dan TNK.”

Hingga berita ini diturunkan, acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi dan diskusi dengan tema Dengan MBKM Menuju Masyarakat Cerdas Informasi. (WB)

=========================

Komisi Humas, Medsos dan Hubungan Alumni

Telp: 0251-8376845

WA : 081313421127

Email: humas-sv@apps.ipb.ac.id

Twitter : @vokasiipb

IG : @sekolahvokasiipb

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142