Tinjau Pelaksanaan MBKM Vokasi, Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet RI Kunjungi Sekolah Vokasi IPB

Bogor, 17 Desember 2021 – Sekolah Vokasi IPB University menerima kunjungan dari Tim Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sekertariat Kabinet Republik Indonesia. Kunjungan ini dilakukan di Ruang Rapat Gedung Delta Sekolah Vokasi IPB dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Tinggi Hendra Wati Soesabdo; Kepala Subbidang Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Tri Eka Sunarti  Dewi, S.IP; Analisis Kesejahteraan Rakyat pada Subbidang Pengembangan Sumber Daya Pendidikan Tinggi; Analisis Hukum pada Subbidang Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Jufry Hasiholan Manurung, S.H.; Dekan Sekolah Vokasi IPB Dr. Ir. Arief Darjanto, M.Ec; Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Sekolah Vokasi IPB Dr. Ir. Wawan Oktariza, MSi; Ketua Senat Sekolah Vokasi IPB Dr Daisy Tambajong, MSc; Ketua LSP Vokasi IPB Dr. Wonny Ahmad Ridwan, MM; Ketua Komisi Penjaminan Mutu Yudith Vega Paramitadevi dan Ibu Fany Apriliani, SE., MT, Ketua Komisi Dunia Usaha Dunia Industri, Dudi Firmansyah, S.Pt., M.Si. serta Ketua Komisi Humas dan Alumni Willy Bachtiar, M.IKom.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Vokasi yang telah diluncurkan pada 25 Mei 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI merupakan upaya pemerintah untuk akselerasi pembangunan pendidikan Vokasi. Link and Super Match diantara IDUKA dengan Pendidikan Tinggi Vokasi terus ditingkatkan guna membangun ekosistem yang saling mendukung antara keduanya.

Dukungan terhadap kebijakan merdeka vokasi, perguruan tinggi diarahkan untuk dapat menghasilkan lulusan yang terampil, kompeten, berdaya saing, dan berkarakter  sesuai dengan kebutuhan DUDI dan mendukung rencana pemerintah dalam mewujudkan pembangunan SDM berkualitas.

Dalam sambutan dan paparannya, Dekan Sekolah Vokasi IPB menyampaikan berbagai hal yang telah dan akan dilakukan dalam upaya mengembangkan Sekolah Vokasi IPB untuk terus menjadi pilihan utama sesuai dengan tagline nya To Be The Premier Choice for Higher Vocational Education di tengah pandangan masyarakat yang masih menganggap pendidikan vokasi sebagai pendidikan kelas kedua, sehingga Pendidikan Vokasi sangat memerlukan rebranding. Sekolah Vokasi IPB terus berupaya untuk semakin mendekatkan diri dengan Industri, mendukung pula program Ditjen Diksi yakni Link & Super Match diantara PTV dengan IDUKA melalui penyusunan kurikulum bersama IDUKA, Sertifikasi Kompetensi melalui LSP maupun Industri, pengembangan Teaching Factory seperti Modern Closed House yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan dikelola bersama melalui Kerjasama dengan PT Charoen Pokphand Indonesia, Modern Green House, TEFA Perikanan Budidaya, Entrepreuneurship Teaching Center, serta Koperasi Agribisnis SV-IPB.

Selain itu, dalam implementasi MBKM yang selama ini juga telah dilakukan dengan model Dual System Sekolah Vokasi bekerjasama dengan Sinarmas, Minamas, Sugar Grup Company, Kapal Api, Sampoerna Agro dengan skema mahasiswa menempuh pendikan 3 semester di kampus, 2 semester di perusahaan, dan 1 semester kembali ke kampus.

Sementara itu, Ibu Hendra Wati Soesabdo dalam sambutan dan diskusi memberikan kesan yang baik terhadap kunjungan lapangan di Sekolah Vokasi IPB. “Saya melihat Sekolah Vokasi selangkah maju dalam hal penerapan MBKM. Sudah banyak kerjasama dengan dunia industri terutama dengan diadakannya magang. Namun, perlu adanya pembatasan yang jelas antara akademik dan vokasi agar penerapan MBKM efektif dan tepat sasaran dan perlu adanya kolaborasi dengan penyelenggara pendidikan vokasi lain yang masih merintis agar bisa sebaik dan semaju Sekolah Vokasi IPB.”

Tujuan dari Kunjungan ini adalah pemantauan penyelenggaraan pendidikan tinggi vokasi yang ada dilapangan. Salah satunya adalah sekolah vokasi IPB, yang telah berbasis IDUKA dan MBKM (merdeka belajar kampus merdeka). Kunjungan ini juga dilaksanakan untuk mengetahui kondisi dilapangan dan kendala yang dialami agar dapat menjadi rekomendasi kebijakan agar lebih baik. (WB)

=========================

Komisi Humas, Medsos dan Hubungan Alumni

Sekolah Vokasi IPB University

Beranda

Telp: 0251-8376845

WA : 081313421127

Email: humas-sv@apps.ipb.ac.id

Twitter : @vokasiipb

IG : @sekolahvokasiipb

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142