Jalin Kerjasama dengan Sekolah Vokasi IPB, KADIN Kabupaten Bogor Siap Bawa Mahasiswa ke Dunia Industri

Penandatanganan MoA oleh Sekolah Vokasi IPB dan Kadin Kabupaten Bogor

Bogor, 29 Desember 2021 – Sekolah Vokasi IPB University menerima kunjungan dari Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Bogor. Kunjungan ini dilakukan di Executive Lounge Gedung Dekanat Sekolah Vokasi IPB dihadiri oleh Ketua Kadin Kabupaten Bogor Shinta Dec Checawaty; Dekan Sekolah Vokasi IPB Dr. Ir. Arief Darjanto, M.Ec; Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Sekolah Vokasi IPB Dr. Ir. Wawan Oktariza, MSi; Ketua Program Studi Manajemen Industri Ir. Purana Indrawan, MP; Ketua Komisi Kerjasama Dr. Pria Sembada, MSc; serta Ketua Komisi Humas dan Alumni SV-IPB Willy Bachtiar, M.IKom.

Sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia Sekolah Vokasi IPB dan Kadin Kabupaten Bogor sepakat untuk menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) di bidang peningkatan sumber daya manusia, peningkatan kualitas pendidikan vokasi, peningkatan peran IDUKA dan peningkatan kesempatan kerja bagi para alumni.

Dalam hal ini, Dr. Ir. Arief Darjanto, M.Ec selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB mengaku siap untuk bekerja sama dan meningkatkan mutu sumber daya manusia.

“Saya sangat berbahagia dengan adanya kerjasama antara kami (pihak sekolah vokasi) dengan Kadin Kabupaten  Bogor. Besar harapan kami agar para lulusan bisa meningkat dari segi mutu sumber daya manusia dan bisa menerapkan pendekatan IDUKA bersama para mahasiswa di sekolah vokasi IPB. Hal ini tentu sesuai himbauan dari Ditjen Vokasi, untuk terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan vokasi.”

Kerjasama ini juga ditunjukkan sebagai bentuk penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai instruksi dari Ditjen Pendidikan Vokasi. Adanya kerjasama antar Industri, Dunia Usaha dan Dunik Kerja (IDUKA) kepada mahasiswa vokasi. Tujuannya agar mahasiswa bisa terbiasa dengan Dunia Industri sehingga ketika lulus dapat langsung bekerja dalam industri.

Sementara pihak Kadin Kabupaten Bogor menyambut dengan antusias adanya kerjasama dan optimis Kadin Kabupaten Bogor dapat menjadi garda terdepan untuk membangun mutu sumber daya manusia.

“Kami sangat siap untuk bekerja sama dengan sekolah vokasi IPB. Beberapa Industri yang ada dibawah kami siap untuk menjadi lahan belajar dan praktik para mahasiswa utamanya dalam pendidikan vokasi ini. Selain kegiatan Praktik Kerja Lapang kami siap untuk memberikan pengajaran kepada para mahasiswa terkait situasi dunia usaha. Kami siap untuk menciptakan para entrepreneur muda yang handal, terpercaya, dan sukses.”

Mahasiswa banyak dihadapkan dengan tantangan dalam dunia kerja dan harus selalu siap menjawab tantangan tersebut. Serta adanya persaingan di dunia kerja membuat mahasiswa harus mempersiapkan keahliannya bahkan sebelum lulus dari dunia perkuliahan. Untuk itu, perlu adanya kerjasama antara IDUKA dan satuan pendidikan. (SQA)

=========================

Komisi Humas, Medsos dan Hubungan Alumni

Sekolah Vokasi IPB University

Beranda

Telp: 0251-8376845

WA : 081392747931 (Salsabila)

Email: humas-sv@apps.ipb.ac.id

Twitter : @vokasiipb

IG : @sekolahvokasiipb

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142