TCEC 2022 Digelar, Dosen dan Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Lakukan Kunjungan Virtual ke Kementerian Keuangan

Tax Center Sekolah Vokasi IPB University mengadakan kegiatan Tax Center Education Class (TCEC) 2022 berupa kegiatan kunjungan kepada instansi pemerintah di bidang keuangan. Pada hari Selasa (12/07/2022) sebanyak 120 peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa dari Program Studi Akuntansi, Analisis Kimia, Manajemen Agribisnis, Manajemen Industri, Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi, Teknik Komputer, Teknologi dan Manajemen Ternak, dan Teknologi Industri Benih mengikuti kunjungan studi secara virtual kepada Kementerian Keuangan melalui Program Kunjungan Studi Virtual dengan topik “Perekonomian Terkini”.

Kegiatan TCEC bersama Kementerian Keuangan dibuka oleh Bapak Irfandika Pratama selaku MC dari Biro KLI Kementerian Keuangan dan dilanjutkan dengan video sambutan Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia dan sambutan dilanjutkan oleh Mela Nurdialy, S.E.,M.Ak. selaku Ketua Tax Center Sekolah Vokasi IPB University. Kemudian dalam rangkaian acara kunjungan studi, Kementerian Keuangan memperkenalkan kantor Kementerian Keuangan melalui virtual tour dan memberikan informasi mengenai G20 yang disampaikan oleh Bapak Rezha S. Amran selaku Kepala Subbagian Edukasi Publik Biro KLI.

 “Perekonomian Terkini” dipilih menjadi topik pembahasan bagi para peserta Tax Center Education Class 2022 yang diharapkan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa/i Sekolah Vokasi IPB University. Pemaparan topik tersebut disampaikan langsung oleh Dr. Mahpud Sujai selaku Peneliti Madya di Pusat Kebijakan Ekonomi Makro (PKEM) yang merupakan bagian dari Badan Kebijakan Fiskal atau yang biasa dikenal dengan BKF. Melalui topik tersebut, Bapak Mahpud menjelaskan tiga sub topik, yaitu Perkembangan Ekonomi Global, Perkembangan Ekonomi Domestik, serta Perkembangan Kebijakan Fiskal dan Reformasi Struktural. Pada subtopik Perkembangan Ekonomi Global beliau menjelaskan bahwa APBN negara Indonesia memiliki peran sebagai “Penahan Guncangan” dari kondisi ekonomi global yang terjadi sehingga negara kita bisa bertahan menghadapi kondisi perekonomian saat ini khususnya pada masa pandemi COVID-19.

Pemaparan materi oleh narasumber diakhiri dengan sesi diskusi bersama para peserta secara aktif mengenai situasi perekonomian Indonesia terkini dan seputar Presidensi G20 di Indonesia. Kegiatan Kunjungan Studi Virtual ini diakhiri dengan informasi dari pihak Kementerian Keuangan yang memberikan kesempatan kepada Biro Komunikasi dan Layanan Informasi untuk memberikan beberapa informasi terkait dengan Layanan Informasi PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). (AK/WB)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142