Tingkatkan Kerjasama Internasional, Sekolah Vokasi IPB berpartisipasi dalam kegiatan 12th Joint Working Group France-Indonesia

Sebanyak tujuh orang delegasi IPB berpartisipasi aktif pada Kegiatan 12th Joint Working Group on Higher Education, Research, Innovation, and Entrepreneurship France-Indonesia (JWG). Delegasi yang hadir mewakili IPB sebagai pendidikan tinggi akademik dan pendidikan tinggi vokasi antara lain Prof Dodik R. Nurrochmat (Wakil Rektor IV) , Ir Lien Herlina MSc (Direktur PPA), Prof Iskandar Z Siregar (Direktur PI), Dr Wawan Oktariza (Wadek Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan Sekolah Vokasi), Dr Pria Sembada (Ketua Komisi Kerjasama dan Pengembangan Sekolah Vokasi), Dr Meti dan Indri Hapsari Fitriyani SP MSi. Kegiatan dua tahunan ini digelar bergantian antara di Prancis dan Indonesia. Tahun ini, kegiatan ini digelar di Valenciennes (Prancis) pada tanggal 28 dan 29 Juni 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kerjasama saintifik diantara kedua negara. Kegiatan JWG ke 12 berisi dua sesi utama yaitu plenary session dan parallel session. Pada plenary session, terdapat berbagai presentasi dan arahan potensi kerjasama ke depan dari pimpinan atau perwakilan dari Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, dan Inovasi (Prancis), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Indonesia), BRIN, serta dari berbagai lembaga riset di Indonesia dan Prancis. Sesi paralel (parallel session) diisi oleh thematic workshop, speed dating, high level meeting, dan lain sebagainya.

Pada kegiatan ini, delegasi dari Sekolah Vokasi IPB berpencar untuk mengikuti thematic workshop. Dr Wawan Oktariza turut aktif berpartisipasi dalam thematic workshop bidang information, communication and technology. Sementara, Dr Pria Sembadaaktif dalam thematic workshop food security and agriculture, dan Ibu Lien Herlina, MSc mengikuti tema biology, health and medicine. Delegasi IPB lainnya yaitu Prof Dodik (Wakil Rektor) dan Prof Iskandar (Direktur Program Internasional) memainkan peran penting sebagai co-chair pada tema-tema workshop lainnya.Dr Meti berpartisipasi pada workshop bidang tourisme.

Aktivitas yang paling menarik adalah speed dating. Aktivitas ini mempertemukan institusi dari Prancis untuk dapat “menemukan saling ketertarikan” dalam waktu singkat sebagai bekal atau awal mula penjajakan kerjasama kedua belah pihak. IPB sendiri memiliki satu booth yang di dalamnya terdapat berbagai informasi mengenai IPB termasuk di dalamnya informasi mengenai Sekolah Vokasi IPB. Booth IPB yang dikawal oleh Indri Hapsari Fitriyani SP MSi termasuk yang cukup aktif didatangi oleh para pengunjung.

Sebelumnya, Sekolah Vokasi IPB telah menjalin beberapa kerjasama antara lain dengan CIRAD dan Montpellier SupAgro. Melalui kegiatan JWG, Sekolah Vokasi berpotensi meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan terapan dan vokasional serta institusi riset yang ada di Prancis. Ada beberapa insitusi yang menyatakan ketertarikan antara lain grup INSA, grup Universite Polytehnique, Universite Aix Marseille, dan lainnya. Kerjasama yang dapat dilakukan antara lain berkaitan dengan pendidikan (penerapan MBKM, internship, pelaksanaan summer course atau short course, dan lainnya) dan riset terapan. Hal menarik lainnya adalah Sekolah Vokasi IPB juga berpotensi meningkatkan kerjasama dengan beberapa universitas dan politeknik dari Indonesia yang juga turut hadir pada kegiatan JWG ke 12. (PS)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142