SEKOLAH VOKASI IPB TOREHKAN KEMBALI SEJARAH GEMILANG: VOLIKA SINCI SARI RAIH JUARA 1 PILMAPRES 2023

Kamis (27/7), Sejarah gemilang kembali tercatat di Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (Sekolah Vokasi IPB) saat Volika Sinci Sari, mahasiswa dari program studi Komunikasi Digital dan Media, mengukir prestasi yang luar biasa dengan meraih gelar juara 1 terbaik dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat nasional untuk kategori program diploma tahun 2023. Sukses ini menjadi pencapaian membanggakan Sekolah Vokasi IPB, yang pada tahun sebelumnya juga mengukir prestasi tertinggi pada ajang tersebut setalah mahasiswanya Ivan Taufik Nugraha, dari program studi Paramedik Veteriner, meraih juara di ajang serupa tahun 2022 lalu.

Selain mendapat predikat mahasiswa berprestasi terbaik, Volika panggilan akrabnya, pada penghargan semalam juga menyabet penghargaan untuk kategori Honorable Mention Penginsipirasi Kepedulian. Setelah menerima penghargaan Volika merasa bahagia atas prestasi yang telah diraihnya. Ia mengungkapkan bahwa perjalanan untuk mencapai pencapaian ini tidaklah mudah, tetapi dedikasi dan kerja kerasnya selama ini akhirnya membuahkan hasil yang luar biasa.

“Dalam proses ini, saya belajar banyak tentang pentingnya konsistensi, ketekunan, dan semangat pantang menyerah. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim pendukung, keluarga, teman-teman, dan juga para dosen yang telah memberikan dukungan dan bimbingan selama perjalanan studi saya,” ungkap Volika.

Acara puncak PILMAPRES tahun ini berlangsung meriah dari tanggal 24 hingga 27 Juli di Auditorium Prof A Amiruddin, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanudin, Sulawesi Selatan. Para peserta merupakan pemenang mahasiswa dari kampusnya masing-masing.

PILMAPRES merupakan sebuah kompetisi bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang menjadi agen perubahan potensial dalam memajukan Indonesia.

Para juri yang berjumlah 27 orang dengan cermat menilai para peserta dengan berfokus pada capaian unggulan, produk inovatif, dan kemampuan berbahasa Inggris. Volika Sinci Sari berhasil memukau para juri dan meraih predikat Mahasiswa Berprestasi Terbaik dengan prestasi gemilangnya yang mencakup berbagai aspek penilaian.

Dekan Sekolah Vokasi IPB Dr. Ir Aceng Hidayat, M.T yang hadir langsung dalam pemberian penghargaan tersebut menyampaikan ucapan selamat dan bangga atas prestasi yang telah diraih mahasiswanya. Ia menyatakan bahwa keberhasilan Volika merupakan bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras mahasiswa Sekolah Vokasi IPB dalam berkiprah diajang nasional.

“Selamat kepada Volika, kami merasa sangat bangga atas prestasi yang telah diraihnya. Ini membuktikan bahwa kerja keras, dedikasi, dan komitmen dalam mengembangkan potensi diri dapat menghasilkan hasil yang luar biasa” ujar Dr Aceng.

Selain itu, Dr. Aceng juga menekankan bahwa prestasi Volika adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan komitmen dalam mengembangkan potensi diri. Dr. Aceng berharap bahwa semangat juang Volika dan prestasi yang diraihnya akan menjadi motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan berkarya di berbagai bidang.

“Dalam perjalanan pendidikan dan pengembangan diri, kami akan terus memberikan dukungan dan pembinaan yang maksimal untuk semua mahasiswa Sekolah Vokasi IPB. Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendukung agar setiap mahasiswa dapat meraih prestasi yang gemilang,” tutur Dr. Aceng penuh semangat.

Sebelumnya, Volika telah menorehkan berbagai prestasi cemerlang dalam ajang-ajang kompetisi, termasuk meraih juara 1 Lomba Podcast Hari Kartini, juara 2 Lomba Essay Competition, juara 2 Lomba LNL Vlog Competition, medali emas Tanoto Student Research Award, serta penghargaan sebagai Most Outstanding Scholar. Tidak hanya itu, mahasiswa berbakat ini juga menciptakan produk inovatif di bidang sosial, yaitu karya boneka sebagai media komunikasi storytelling untuk meningkatkan keterampilan bina diri tuna grahita ringan.

Prestasi Volika diharapkan akan menjadi inspirasi bagi generasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. (ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142