Sekolah Vokasi IPB University Gelar Konferensi Internasional ICAS 2023 untuk Memajukan Sektor Agro-Maritim yang Berkelanjutan

Sabtu (2/9), Mengusung tema “Strengthening Agro-Maritime in the 21st Century with Multidisciplinary Collaboration”, Sekolah Vokasi IPB University menyelenggarakan The 3rd International Conference on Applied Sciences (ICAS) 2023. Acara ini berlangsung selama dua hari, yakni pada 2-3 September 2023 2-3 September 2023 yang dilaksanakan secara hybrid di SwissBell Hotel dan dapat diakses melalui platform Zoom serta Youtube.

ICAS 2023 menghadirkan Keynote Speech dari Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno., M.B.A., dan Prof. Shigehiko Suzuki, Rektor Shizouka Professional University of Agriculture (SPUA). Selain itu, Welcoming Speech disampaikan oleh Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr. Ir. Aceng Hidayat, MT, sementara Opening Speech diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama, dan Alumni IPB University, Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnaen Siregar, M.For.Sc. Serta Speech yang disampaikan oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc, selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ketua Pelaksana ICAS 2023, Dr. Aidil Azhar S.P., M.Sc, selaku ketua Komisi Kerja sama dan Reputasi Internasional, menjelaskan, “Tujuan ICAS adalah untuk memfasilitasi dosen vokasi dalam mempublikasikan hasil penelitian, meningkatkan indeks kinerja universitas, dan menjalin kolaborasi dengan universitas dalam dan luar negeri.” Ujarnya.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi dari empat narasumber yang berasal dari Jepang dan Thailand, yakni Prof. Hiroshi Ehara dari Nagoya University, Prof. Poonpipope Kasemsap ,Direktur DORAS Center, Kasetsart University, Dr. Jate Sathornkich dari Kasetsart, dan Prof. Shigehiko Suzuki dari Shizouka Professional University of Agriculture (SPUA). Setelah itu, peserta dibagi menjadi empat ruangan dengan topik yang berbeda yakni, Environment, Social Economy, Technology dan Agromartym, serta Other.

ICAS 2023 tidak hanya dihadiri oleh peserta dari dalam negeri tetapi juga dari berbagai negara. “Total terdapat 72 paper yang masuk dengan peserta yang hadir dari universitas dan lembaga riset dari dalam dan luar negeri, seperti Jepang, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Rusia.” Ujar Dr. Aidil.

Selain itu, Dr. Aidil juga menyebutkan bahwa acara ini menjadi wadah pertukaran ide dan perkembangan terkini dari berbagai bidang ilmu yang akan berkontribusi dalam memperkuat sektor Agro-Maritim di abad ke-21.

“Melalui kegiatan ini juga akan dilakukan inisiasi kerjasama dengan Sekolah Vokasi IPB University serta menciptakan peluang pertukaran mahasiswa di masa depan.” Ujar Dr. Aidil.

ICAS 2023 ini termasuk ke dalam salah satu program kerja dari Komisi Kerja sama dan Reputasi Internasional Sekolah Vokasi IPB University. Dengan semangat kolaborasi multidisiplin, acara ini diharapkan akan membawa manfaat besar dalam memperkuat sektor Agro-Maritim dan menjadi langkah awal menuju transformasi yang lebih baik.

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142