Dekan Sekolah Vokasi IPB Membuka Secara Resmi Kegiatan Internasional 3rd International Conference on Applied Sciences (ICAS) 2023 IPB University

Sabtu (13/9), Sekolah Vokasi IPB University mengadakan The 3rd International Conference on Applied Sciences (ICAS) 2023 yang dilakukan secara hybrid di SwissBell Hotel Bogor. Acara ini menghadirkan empat pembicara dari Jepang dan Thailand, yakni Prof. Hiroshi Ehara dari Nagoya University, Prof. Poonpipope Kasemsap, Direktur Doras Center, Kasetsart University, Dr. Jate Sathornkich dari Doras Center Kasetsart, dan Prof. Shigehiko Suzuki dari Shizouka Professional University of Agriculture.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Aceng Hidayat, MC., Dekan Sekolah Vokasi IPB mengungkapkan bahwa ICAS 2023 hadir sebagai wadah bagi pertukaran ide terbaru dalam berbagai ilmu pengetahuan yang akan memberikan kontribusi positif pada sektor Agro-Maritim.

“Fokus acara ini adalah pada sektor Agro-Maritim dan tentang pentingnya akan hal tersebut. Sektor ini masih dominan dalam pembangunan pedesaan, memberikan kontribusi terhadap PDB di Indonesia, dan berperan sebagai penyelamat ekonomi pada saat krisis. Hal tersebut juga merupakan sumber makanan, energi, dan bahan mentah” Ujarnya.

Selain itu, menurut Dr. Ir. Aceng, adapun rencana strategis jangka panjang yang mengacu APEB dan UNHCR. “Setidaknya ada lima alasan mengapa fokus pada sektor Agro-Maritim menjadi sangat penting.” Ujarnya.

Pertama, sektor Agro-Maritim masih menjadi sektor dominan dalam pembangunan pedesaan. Kedua, sektor Agro-Maritim memberikan kontribusi sekitar 29% terhadap total PDB Indonesia. Ketiga, sektor Agro-Maritim bisa dikatakan sebagai penyelamat perekonomian Indonesia. Keempat, sektor Agro-Maritim juga merupakan sumber pangan dan energi.

“Kita sudah berkali-kali menghadapi krisis ekonomi. Pada setiap krisis, sektor ini selalu berperan sebagai penyelamat kekeringan ekonomi. Ketika sektor perekonomian lain mengalami kemerosotan bahkan keruntuhan, sektor Agro-Maritim bisa terus berkembang. Tentu saja faktor ekonomi di sektor ini masih mampu mengendalikan krisis.” Ujar Dr. Ir. Aceng.

Pendidikan vokasi memainkan peranan penting dalam pemanfaatan sumber daya Agro-Maritim untuk kesejahteraan masyarakat. “Sebagaimana kita ketahui dalam undang-undang pendidikan, pendidikan vokasi berperan dalam menyediakan teknologi yang tepat dan menghasilkan sumber daya manusia yang mampu mengoptimalkan sumber daya agromaritim. Karena dengan hal tersebut, sumber daya agromaritim dapat dimanfaatkan dengan baik.” Ujar Dr. Ir. Aceng.

Pada kegiatan ini, diharapkan dapat berbagi hasil penelitian keanekaragaman hayati di bidang Agro-Maritim serta memberikan manfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti The 3rd International Conference on Applied Sciences (ICAS) 2023.

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142