Himavo Micro IT IPB Sukses Menyelenggarakan Program Pemberdayaan Desa (P2MD) di Desa Sukajaya

Senin 20/11/2023 Himpunan Mahasiswa Vokasi (Himavo) Micro IT Sekolah Vokasi IPB University telah sukses menyelenggarakan Program Pemberdayaan Desa (P2MD) di Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tim tersebut terdiri dari sembilan mahasiswa/i aktif Sekolah Vokasi IPB University dan beberapa sukarelawan yang turut serta membantu penyelenggaraan program implementasi Pemanfaatan Bank Sampah Berbasis Digital, yang bertujuan mendorong masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Kami ingin memberikan kontribusi yang berarti untuk Desa Sukajaya melalui Program P2MD ini. Dengan memperkenalkan Bank Sampah Berbasis Digital, kami berharap masyarakat dapat lebih terlibat dalam pengelolaan sampah dan merasakan manfaatnya secara langsung.” ujar Ketua Tim P2MD Himavo Micro IT Sekolah Vokasi IPB University Muhammad Rafid, Minggu (19/11/2023).

Dalam rangka menunjang program tersebut, Himavo Micro IT Sekolah Vokasi IPB University menyumbangkan beberapa alat seperti timbangan untuk bank sampah, gerobak, dan tempat sampah yang diletakkan pada Rukun Tetangga (RT) satu hingga lima. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur dasar pengelolaan sampah di masing-masing RT serta memudahkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kesuksesan pemberdayaan masyarakat tidak hanya bergantung pada kemajuan teknologi, tetapi juga pada pemahaman dan dukungan infrastruktur fisik. Oleh karena itu, sumbangan gerobak sampah dan tempat sampah di setiap RT diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih teratur dan berdaya.” Kata Rafid.

Tidak hanya itu, Himavo Micro IT IPB juga merancang dan mengimplementasikan website khusus untuk mempermudah pengelolaan Bank Sampah. Website itu bukan hanya berfungsi sebagai pusat informasi terkait program, melainkan juga sebagai alat pencatatan bank sampah. Dengan adanya platform digital ini, transparansi dalam pengelolaan sampah menjadi lebih terjamin.

Selain sumbangan alat dan penciptaan platform digital, Himavo Micro IT IPB juga menjalankan serangkaian sosialisasi di Desa Sukajaya yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya pengelolaan sampah, pengurangan limbah, dan manfaat daur ulang kepada masyarakat.

Dampak dari implementasi Bank Sampah berbasis digital tersebut, Desa Sukajaya berhasil mengumpulkan lebih dari 80 kg sampah plastik dalam satu bulan pertama program berjalan. Ini menunjukkan dampak positif langsung terhadap pengelolaan sampah di tingkat desa.

Melalui Program P2MD, Himavo Micro IT SV IPB University membuktikan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat dapat menciptakan perubahan positif yang signifikan. Diharapkan, inisiatif ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek bagi Desa Sukajaya, tetapi juga menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk mengadopsi praktik berkelanjutan dalam upaya menciptakan masyarakat yang lebih mandiri dan berkembang. Program ini membuka pintu untuk transformasi lebih lanjut, mengukuhkan gagasan bahwa pendidikan tinggi memiliki peran sentral dalam menciptakan perubahan positif dalam masyarakat. (ASW/GBD)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142