PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM KETAHANAN PANGAN PADA MASA RESILIENSI DI KELURAHAN KATULAMPA BOGOR

Jumat, 15/12/23 – Telah dilaksanakan kegiatan Dosen Mengabdi dari Program Studi Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian Sekolah Vokasi IPB University dengan tema “Pemberdayaan Perempuan Dalam Ketahanan Pangan Pada Masa Resiliensi” di KWT Pendopo Enam yang beralamat di Perumahan Baranangsiang Indah Jl. Jati Luhur XIII No. 6 RT. 008/004 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Kegiatan dilakukan pada Jumat, 15 Desember dari pukul 07.30-10.30 WIB.

Kegiatan Dosen Mengabdi yang dilakukan berupa pemberian materi dengan target Ibu – Ibu KWT Pendopo Enam tentang Pengolahan limbah rumah tangga menjadi produk yang bernilai ekonomi. Kegiatan Dosen Mengabdi ini menghadirkan Narasumber Ibu Tutin Maemunah dengan pemaparan materi dan demontrasi Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Tumbler dan Teknik Persemaian Sayuran. Dari kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi ketahanan rumah tangga yang menjadi salah satu unsur pemenuhan ketahanan Pangan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dosen Teknologi Produksi dan Pengembagan Masyarakat (PPP) Tri Budiarto S.KPm.,M.Si., Muhammad Iqbal Nurulhaq S.P.,M.Si. Agief Julio S.P.,M.Si. Leonard Dharmawan S.P.,M.Si , dan Widya Hasian Situmeang S.Kpm., M.si. serta anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Pendopo 6.

Tri Budiarto selaku ketua pelaksana menyatakan bahwa “Sangat senang belajar bersama mengikuti kegiatan dengan Ibu – Ibu KWT Pendopo 6, Mungkin apa yang kita pelajari dapat menjadi pengalaman bersama bagi kita semua.”

Muhammad Iqbal Nurulhaq selaku Kaprodi dari PPP menyatakan bahwa “Saya sangat mengapresiasi sekali dari tim dosen pada akhirnya bisa turun langsung di lokasi pengabdian masyarakat dimana lokasi pendopo KWT 6 berada di Tengah Tengah kota. Bisa kita lihat daerah pertanian saat ini sudah sangat jarang sekali tapi ternyata di teagah trngah kota Bogor tepatnya di perumahan Baranangsiang bisa mengedepankan perkarangan, fasilitas umum yang kemudian dijadikan sarana bersama ketahanan pangan bagi masyarakat itu sendiri. Disini kita sama-sama membangun dan beredukasi dalam penerapkan pertanian yang baik.”

“Dengan adanya acara ini mudah mudahan KWT pendopo 6 bisa berkembang lebih baik, yang biasnya mengguanakan alat dan bahan seadanya dengan tradisional . Lalu bisa mencukupi ketahanan pangan melalui program ini. Dengan sedikit demi sedikit lahan kecil bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat.” Ujar Ibu Titun selaku Narasumber.

“Saya sangat mengucapkan terimakasih bagi sekolah vokasi IPB yang telah membuat pelatihan pembuatan kompos di KWT Pendop 6. Pelatihan ini sangat menambah pengetahuan kita sebagai Ibu Ibu Rumah Tangga.” Ujar Ibu Atik selaku ketua KWT Pendopo 6.

“Harapan nya pelatihan ini ini bisa mendukung ,termasuk ke depan nya harapan nya soal ketahanan pangan. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apapun yang dilakukan bisa bermanfaat bagi semua. Termasuk Ibu – Ibu KWT Pendopo 6 terlihat sekali semangat dan atusiasme pada kegiatan ini.” Ujar tim dari BSI Farm. (ARK/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142