Photography Webinar Series 2: Cara Mengabadikan Momen Bernilai Berita dan Syarat Utama dalam Foto Jurnalistik

Kamis, 14/12/2023 – Program Studi Komunikasi Digital dan Media angkatan 59 Sekolah Vokasi IPB University melakukan kegiatan “Photography Webinar Series 2”. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan “Photography Webinar Series 1” yang telah dilakukan sebelumnya. Pada kegiatan “Photography Webinar Series 2” ini mengusung tema “Mastering the Art of Storytelling Through Image” sebagai bentuk usaha meningkatkan pengetahuan mendalam mengenai fotografi jurnalistik.

Mahasiswa Prodi Komunikasi Digital dan Media angkatan 59 ikut serta dalam menyukseskan kegiatan webinar ini. Acara ini dipandu oleh Zainal Ardan A, seorang photography enthusiasts dengan Narasumber Hermanus Prihatna yang merupakan seorang photojournalist media Antara dengan berbagai pengalaman dan prestasi.

Acara dilakukan pada pukul 14.00 – 16.00 WIB diawali dengan sambutan dari Ika Sartika, S.Sn., M.Sn. selaku Koordinator Mata Kuliah Fotografi Digital. Dalam sambutannya menegaskan, “Semoga dalam webinar kali ini banyak ilmu yang bisa kita serap, khususnya untuk saya pribadi dan tentunya untuk semua mahasiswa peserta webinar ini. Jangan sungkan jangan ragu, beliau ini sebagai maestro jurnalisme fotografi yang sudah tidak asing lagi dan sudah menjadi icon-nya Antara. Untuk lebih jauhnya mungkin kita akan mendengarkan paparan beliau.” Ujar Ika Sartika, S.Sn., M.Sn. selaku Koordinator Mata Kuliah Fotografi Digital pada Prodi Komunikasi Digital dan Media.

Isi materi yang dibawakan membahas seputar topik seputar foto jurnalistik. Dalam memberikan atau presentasi materi, Hermanus Prihatna memberikan penjelasan melalui contoh kasus yang pernah terjadi berdasarkan pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain. Fotografi jurnalistik memiliki syarat utama yang paling mendasar dari sebuah berita haruslah ingin diketahui orang banyak dan dari sudut pandang itulah seseorang bisa menilai kekuatan sebuah foto yang disebut sebagai foto berita. Webinar ini juga memberikan materi teknik-teknik dalam mengambil foto jurnalistik, contoh kasus foto jurnalistik, dan kode etik foto jurnalistik.

Dengan adanya kegiatan webinar ini diharapkan dapat membantu peserta untuk menggali lebih dalam seputar pengetahuan fotografi khususnya foto jurnalistik. Para peserta yang merupakan mahasiswa dari Program Studi Komunikasi Digital dan Media Angkatan 59 nantinya memiliki gambaran atas pengalaman-pengalaman nyata dari seorang aktivis foto jurnalistik. (FHA/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142