Photography Webinar Series 1: Langkah Menuju Keberhasilan dengan Fotografi Produk dan Pengembangan Studio Foto

Jumat, 8/12/2023 – Sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan pengetahuan di bidang fotografi, Sekolah Vokasi IPB University khususnya Program Studi Komunikasi Digital dan Media melakukan kegiatan “Photography Webinar Series 1“. Lebih dari 200 Mahasiswa Prodi Komunikasi Digital dan Media angkatan 59 ikut serta dalam menyukseskan kegiatan webinar ini.

Diawali dengan sambutan dari Dr. Ir. Aceng Hidayat, MT yang merupakan Dekan Sekolah Vokasi IPB University. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan untuk bisa meningkatkan komunikasi terutama mengenai digitalisasi dalam sistem marketing. “Saat ini yang namanya pekerjaan itu tidak terbatas, apalagi Anda yang memiliki Program Studi Komunikasi Digital dan Media merupakan sebuah peluang bagi Anda untuk memanfaatkan ragam kesempatan yang bisa anda asah untuk bisa meningkatkan komunikasi anda. Saya kira tentang digitalisasi ini sangatlah penting dan terbuka.” Ujar Dr. Ir. Aceng Hidayat, MT selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University.

Kepala Program Studi Komunikasi Digital dan Media Dr. Hudi Santoso, S.Sos., MP ikut serta memberikan sambutan di acara webinar ini. Beliau menekankan tanpa fotografi tidak akan tercipta momen-momen berharga. “Saya berharap teman-teman dapat mengambil terkait insight terkait dengan hal-hal penting di dalam kegiatan fotografi ini, karena dimana fotografi di era sekarang ini menjadi kebutuhan. Jadi apapun pekerjaannya, profesinya apa saja tanpa ada fotografi tentu kita tidak akan bisa membuat momen-momen berharga.” Ujar Dr. Hudi Santoso, S.Sos., MP selaku Kepala Program Studi Komunikasi Digital dan Media.

Kegiatan “Photography Webinar Series 1” dilakukan terbagi menjadi dua sesi. Kegiatan ini mengusung tema “a Guide to Product Photography in Digital Marketing” pada sesi pertama dan “a Roadmap for Building & Growing Your Photo Studio” pada sesi kedua. Kedua sesi sesi webinar dipandu oleh Duta IPB University Batch VIII Puti Laura sebagai moderator.

photo product webinar

Sesi pertama dilakukan pada pukul 08.00 – 10.00 WIB dihadiri oleh Aulia Adhani yang merupakan seorang pelaku usaha fotografer sebagai pembicara. Pada sesi pertama Aulia Adhani membawakan materi tentang memanfaatkan foto produk untuk digital marketing. Dalam pemaparan materinya menyampaikan, tips memanfaatkan foto produk untuk meningkatkan penjualan diantaranya adalah gunakan background yang cocok dengan produk, pastikan cukup cahaya terutama menggunakan cahaya alami agar modal yang dikeluarkan dapat lebih sedikit, gunakan gaya yang berbeda dan perhatikan penataan produk.

photography business

Sesi yang kedua dilakukan pada pukul 13.30 – 15.00 WIB dengan narasumber Andhika Rahmat yang merupakan seorang fotografer. Andhika Rahmat menyampaikan materi mengenai menciptakan usaha dari fotografi. Dalam membangun usaha fotografi perlu memperhatikan beberapa hal seperti mencari target pasar yang tepat, merawat pelanggan, meningkatkan fasilitas, dan tentunya mahasiswa perlu meramu mata kuliah menjadi usaha.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengasah kreatifitas seputar pengetahuan fotografi. Selain itu diharapkan mampu membuka pikiran lebih luas mengenai praktik di lapangan terkait dengan fotografi oleh para pelaku usaha. (FHA/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142