Sekolah Vokasi IPB Raih Bronze Medal dalam Kompetisi Riset Internasional ISTEC 2024 di Bali

6 Mei 2024

Sekolah Vokasi IPB University kembali mencatat prestasi gemilang dalam bidang kompetisi riset tingkat internasional. Kali ini mahasiswa yang tergabung dalam kelompok GreenGen dibawah bimbingan Ir. Fahrizal Hazra, M.Sc, sukses memboyong Bronze Medal dalam kategori Technical and Engineering pada subkategori Bioteknologi, pada ajang International Science Technology Engineering Competition (ISTEC) 2024, yang berlangsung di Hotel Infinity8, Bali, dari tanggal 2 hingga 5 Mei 2024 kemarin.

Kelompok GreenGen, yang menjadi wakil Sekolah Vokasi IPB University memperkenalkan inovasi yang berjudul “Utilizing Anabaena as a Biological Carbon Capture to Accelerate the 13th SDGs Goal”. Tim terdiri dari Naufal Raka Putra Nur Rachman (Ketua Tim), Sarah Benazir, Jo-Anne St Claire, Firdan Ihsanul In’am, dan Rafli Hidayat.

Ketua kelompok GreenGen, Naufal Raka Putra Nur Rachman, membagikan pengalamannya mengenai kompetisi tersebut. “Ini adalah kompetisi pertama kami sejak memulai pendidikan,” kata Naufal.

Atmosfir perlombaan yang sangat kompetitif, dengan kehadiran tim-tim dari berbagai negara, memberikan kelompok GreenGen pengalaman berharga. Naufal juga menekankan betapa pentingnya pengalaman ini bagi kelompok mereka.

“Atmosfir kompetitif dan interaksi dengan tim-tim internasional seperti Malaysia, Philipina, Afrika Selatan dan Amerika Sertikat, memberikan wawasan baru dan pemahaman yang mendalam tentang standar internasional dalam bidang riset dan teknologi” ujar Naufal.

Lebih lanjut, Naufal mengakui bahwa prestasi ini bukan hanya hasil dari upaya individu, melainkan juga kerja sama tim yang erat. “Prestasi ini adalah bukti dari kerja keras bersama dalam mencapai tujuan yang sama,” ungkap Naufal.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada dosen pembimbing dan Sekolah Vokasi IPB atas dukungan yang diberikan. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami selama ini, terutama kepada Dosen pembimbing dan Sekolah Vokasi IPB, Kami bangga bisa mewakili SV-IPB di ISTEC 2024,” pungkasnya.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr. Aceng Hidayat, M.T, menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang diraih oleh Kelompok GreenGen. Ia berharap prestasi ini akan terus memotivasi mahasiswa Sekolah Vokasi IPB untuk terus berkompetisi dalam skala internasional.

“Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan kompetensi mahasiswa Sekolah Vokasi IPB dalam menghadapi tantangan di kancah internasional khususnya dalam bidang riset dan teknologi. Selamat untuk Kelompok GreenGen” ujar Dr. Aceng.

ISTEC 2024 telah membuktikan komitmen Sekolah Vokasi IPB dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bersaing di tingkat global. Kompetisi dan pameran riset internasional ini bertujuan meningkatkan minat peserta didik dalam sains dan penelitian di Indonesia juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing peserta didik di kancah internasional. Di tahun kelima penyelenggaraannya, ISTEC menerima pendaftaran dari 794 tim dari 11 negara, termasuk Malaysia, Thailand, Amerika Serikat, Filipina, Afrika Selatan, Mesir, Bosnia dan Herzegovina, India, Vietnam, Palestina, dan Indonesia. (ASW).

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142