Kembangkan Program Sarjana Terapan, Prodi Manajemen Informatika Selenggarakan INFORMATICS EXPO

Dalam rangka pengembangan program sarjana terapan berbasis industri yang dilaksanakan oleh Program Studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB University, Informatics EXPO berhasil diselenggarakan di Gedung Delta, Sekolah Vokasi pada akhir tahun 2021 ini. Informatics Expo merupakan acara yang digelar dengan mengundang mitra industri, institusi pemerintahan, serta SMK di Bogor dan Sukabumi. Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Keuangan dan Pengembangan, Dr.Ir. Wawan Oktariza, M.Si, dan dihadiri juga oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr.Ir. Bagus Priyo Purwanto, M.Agr serta Ketua Komisi Teaching Factory, Dudi Firmansyah, S.Pt., M.Si.

Informatics EXPO bertujuan untuk mendiseminasikan hasil karya mahasiswa Prodi Manajemen Informatika, yang telah berhasil dibuat secara kolaboratif dengan berbagai mitra terkait, baik dari industri maupun dari Kementerian Pertanian serta Dinas Koperasi dan UKM. Pada kegiatan ini juga diadakan Focus Group Discussion (FGD) antara mahasiswa dan mitra industri, untuk mendapatkan masukan dan evaluasi terkait produk hasil karya mahasiswa.

Produk yang dihasilkan merupakan implementasi PJBL (Project Based Learning) dan IBL (Industrial Based Learning) dari beberapa mata kuliah seperti Rekayasa Perangkat Lunak, Pengembangan Aplikasi Berbasis Web, Teknologi Multimedia, Basisdata, dan Pemrograman Berbasis Objek. Selain itu, dalam proses penyelesaian tugas proyek ini, mahasiswa INF juga diberikan bekal dari industri dan expert seperti dari XL Axiata, Algoritma Data Science Education Center, PT PIN, Suitmedia, Tujusemesta, Arsanesia dan lainnya melalui Digital Product Innovation Bootcamp yang diselenggarakan 4 September-27 November 2021. Hasil karya mahasiswa memang patut diapresiasi setinggi-tingginya untuk terus menumbuhkan semangat kreativitas dan inovasi.

Ketua Program Studi Manajemen Informatika, Sofiyanti Indriasari, M.Kom., merasa sangat bangga dengan hasil kolaboratif yang baik dalam menjalankan implementasi PJBL dan IBL ini. Menurutnya, mahasiswa tidak hanya belajar teknis hardskill tapi juga bekerja keras mengasah softskill dengan keberhasilannya menghasilkan karya-karya secara nyata. Terimakasih disampaikan kepada para dosen dan mitra industri yang telah membimbing mahasiswa dalam berkarya. Semoga dengan rangkaian kegiatan ini memberikan pengalaman berharga untuk menambah portofolio mahasiswa dan menghasilkan produk berbasis industri yang bermanfaat.

Salah satu perwakilan mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB University, Fauzan Adzim menyatakan apresiasinya kepada para expert dari Suitmedia yang telah memberikan materi dan masukan yang sangat bermanfaat di acara tersebut bagi mahasiswa. Pameran dan pengumuman karya terbaik mahasiswa membuat acara Informatics Expo semakin berkesan. Menurutnya juga, acara Informatics Expo berjalan dengan lancar, harapannya agar acara tersebut dapat dilaksanakan setiap tahun dan menjadi wadah untuk apresiasi dan menambah eksistensi serta prestasi Program studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB University.. (WB)

=========================

Komisi Humas, Medsos dan Hubungan Alumni

Sekolah Vokasi IPB University

Telp: 0251-8376845

WA : 081313421127

Email: humas-sv@apps.ipb.ac.id

Twitter : @vokasiipb

IG : @sekolahvokasiipb

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142